Sekilas info

Blog ini bersifat flexibel,terbuka untuk umum apabila ada yang mempunyai saran untuk mengembangkan please,,u're comment... :),situs ini ada karena anda ^_^ Share With Randy W Noegraha

TAB MENU

Selasa, 27 Maret 2012

TIANG PANCANG (PILE)

    Paku bumi itulah yang sering kita katakan sebagai tiang pancang,ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa,bagi perkembangan pembangunan di zaman sekarang.setelah kami mengamati dari konsep pelaksanaan perancangan gedung lantai 4 di UPI Tasikmalaya 3 minggu lalu ternyata ada beberapa hal yang akan kami kaji dalam resume ini tentang pemasangan tiang pancang

    Pondasi tiang pancang (pile foundation) adalah bagian dari struktur yang digunakan untuk menerima dan mentransfer (menyalurkan) beban dari struktur atas ke tanah penunjang yang terletak pada kedalaman tertentu.
Tiang pancang bentuknya panjang dan langsing yang menyalurkan beban ke tanah yang lebih dalam. Bahan utama dari tiang adalah kayu, baja (steel), dan beton. Tiang pancang yang terbuat dari bahan ini adalah dipukul, di bor atau di dongkrak ke dalam tanah dan dihubungkan dengan Pile cap (poer). Tergantung juga pada tipe tanah, material dan karakteistik penyebaran beban tiang pancang di klasifikasikan berbeda-beda.
Pondasi tiang sudah digunakan sebagai penerima beban dan sistem transfer beban bertahun-tahun. Pada awal peradaban, dari komunikasi, pertahananan, dan hal-hal yang strategik dari desa dan kota yang terletak dekat sungai dan danau. Oleh sebab itu perlu memperkuat tanah penunjang dengan beberapa tiang.
Tiang yang terbuat dari kayu (timber pile) dipasang dengan dipukul ke dalam tanah dengan tangan atau lubang yang digali dan diisi dengan pasir dan batu.
Pada tahun 1740, Christoffoer Polhem menemukan peralatan pile driving yang mana menyerupai mekanisme Pile driving saat ini. Tiang baja (Steel pile) sudah digunakan selama 1800 dan Tiang beton (concrete pile) sejak 1900. Revolusi industri membawa perubahan yang penting pada sistem pile driving melalui penemuan mesin uap dan mesin diesel.
Lebih lagi baru-baru ini, meningkatnya permintaan akan rumah dan konstruksi memaksa para pengembang memanfaatkan tanah-tanah yang mempunyai karakteristik yang kurang bagus. Hal ini membuat pengembangan dan peningkatan sistem Pile driving. Saat ini banyak teknik-teknik instalasi tiang pancang bermunculan.
Seperti tipe pondasi yang lainnya, tujuan dari pondasi tiang adalah :
- untuk menyalurkan beban pondasi ke tanah keras
- untuk menahan beban vertical, lateral, dan beban uplift
Struktur yang menggunakan pondasi tiang pancang apabila tanah dasar tidak mempunyai kapasitas daya pikul yang memadai. Kalau hasil pemeriksaan tanah menunjukkan bahwa tanah dangkal tidak stabil & kurang keras atau apabila besarnya hasil estimasi penurunan tidak dapat diterima pondasi tiang pancang dapat menjadi bahan pertimbangan. Lebih jauh lagi, estimasi biaya dapat menjadi indicator bahwa pondasi tiang pancang biayanya lebih murah daripada jenis pondasi yang lain dibandingkan dengan biaya perbaikan tanah.
Dalam kasus konstruksi berat, sepertinya bahwa kapasitas daya pikul dari tanah dangkal tidak akan memuaskan,dan konstruski seharusnya di bangun diatas pondasi tiang. Tiang pancang juga digunakan untuk kondisi tanah yang normal untuk menahan beban horizontal. Tiang pancang merupakan metode yang tepat untuk pekerjaan diatas air, seperti jetty atau dermaga.

Dalam Tulisan kami kali ini, kami akan sedikit bercerita tentang pondasi tiang pancang. Penentuan Jenis pondasi didasarkan pada penyelidikan Tanah, Jenis penyelidikan tanah yang kerap dilakukan adalah Test SPT atau CPT . Untuk Kedua jenis Test ini akan kami ceritakan pada tulisan kami yang lain.

Pertama tim surveyor menentukan titik-titik dimana tiang pancang akan diletakkan, penentuan ini harus sesuai dengan gambar kami yang telah ditentukan oleh perencana. Jika sudah fix titik mana yang akan dipancang, nah sampai saat itu, pekerjaan tiang pancang sudah bisa dilakukan.

Peralatan dan Bahan yang harus disiapkan untuk pekerjaan tiang pancang antara lain Pile (tiang pancang), Alat Pancang (dapat berupa diesel hammer atau Hydrolic Hammer),

Proses pengangkatan tiang pancang dari tempat tiang pancang untuk dipasangkan ke alat pancang menggunakan service crane. Dengan Service crane tiang dipasangkan ke alat pemancang dimana biasa alat pemancang sudah berada tepat diarea titik pancang.

Setelah Pile Terpasang dan posisi alat sudah berada pada titik pemancangan, maka pemancangan siap dilakukan. Alat pancang yang digunakan dapat berbeda - beda jenisnya. Seperti Diesel Hammer atau Hydraulic Hammer. Beda keduanya adalah Diesel Hammer bersifat memukul sehingga pasti terdengan suara bising.. dueng..duengg..dueng... dan terkadang meminbulkan getaran, getaran ini dapat mengakibatkan bangunan disekitar menjadi retak jika jarang antara bangunan dan daerah pemancangan terlalu dekat, sementara itu hydraulic hammer bersifat menekan, jadi pengaruh suara dan getaran relatif kecil. Bedanya yang lain adalah penggunaan Hydraulic hammer lebih mahal. Proses pemancangan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Pemancangan dihentikan jika sampai mencapai tanah keras, indikasi jika pemancangan sudah mencapai tanah keras adalah palu dari hammer sudah mental tinggi, biasanya dalam tiap alat pancang sudah ada ukurannya, jika sudah pada posisi seperti itu maka segera dilakukan pembacaan kalendering.

   Pembacaan ini dilakukan pada alat pancang sewaktu memancang. Jika dari bacaan tinggi bacaan sudah bernilai 1 cm atau lebih kecil, maka pemancangan sudah siap dihentikan. Itu artinya tiang sudah menencapai titik tanah keras, tanah keras itulah yang menyebabkan bacaan kalenderingnya kecil yaitu 1 cm atau kurang. Jika diteruskan dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada tiang pancang itu sendiri seperti pada topi tiang pancang atau badan tiang pancang itu sendiri. Pembacaan 1 kalendering dilakukan dengan 10 pukulan.
   
Perhitungan pemasangan
   
Komponen simulasi perhitungan biaya untuk pondasi tiang pancang secara umum adalah :
1. Biaya Mobilisasi/Demobilisasi
Biaya ini tergantung dari jauh dekatnya lokasi proyek atau bahasa gampangnya biaya
untuk naruh alat pacang dan ngambilnya dari/ke lokasi proyek lagi kalo sudah selesai.
2. Biaya jasa pemancangan
Biaya ini dihitung per m kedalaman tiang yang masuk ke dalam tanah (lihat contoh)
Jasa pancang tergantung system pemancangannya Free Fall, Jacking, Diesel Hammer,
Hydraulic Hammer, dst...dst...dst

3. Harga tiang pancang
Biaya ini adalah harga dari tiang pancangnya, tergantung dari ukuran tiang dan panjang
yang akan dipakai
4. Harga penyambung tiang
Penyambung tiang tergantung dari jenis tiangnya kalau minipile cukup hanya di las, tetapi
kalau menggunakan tiang besar memerlukan alat sambung khusus yang terbuat dari baja,
seperti sambungan bajinya JHS, atau jenis socket dst...dst

Ukuran Penampangnya sbb :
a. minipile  :  Triangle 28x28,32x32 ; Square 20x20, 25x25
b. pile        :  Spun Pile D30,D50 ; Square 30x30;35x35;40x40 dst

Ukuran panjang sbb :
a. mini pile : 1m, 3m , 6m
b. pile        : 12 m (bisa juga pesan panjang khusus kalo jmlnya banyak, kayak beli celana aja
he.he.he)
Untuk pabriknya macam2x ada JHS, WIKA, PPI, Tonggak Kampuh dst...dst...dst
tapi khusus utk 20x20 biasanya sih kontraktor pancangnya produksi sendiri
Setting:
Maksudnya pemancangan akan dihentikan apabila telah mencapai batas yang disyaratkan,
batas ini tergantung dari system pancangnya
-  X tumbukan turun x cm utk system pancang Free Fall, Diesel Hammer,
Hydraulica Hammer gampangnya yang proses kerjanya numbuk-numbuk deh
Biasanya utk minipile 10 tumbukan turun 1 cm.

-  Tekanan mencapai X MPa, dilihat dari dial gaugenya, digunakan utk system
jacking, gampangnya yang sistem kerjanya kayak alat suntik...cessssssss
Contohya :
Misalkan ada 1 titik pancang, menurut soil test kedalaman tanah
keras 12m, tiang yang digunakan ukuran Square 20x20,ada 2 btg ( 1btg 6m-an).
systemnya pancangnya Free Fall.  setelah proses pemancangan setting di 8 m,
maka biaya yang harus dibayar :
1. Biaya mobilisasi : Rp. 3,500,000
2. Biaya tiang 2 x 6 x Rp. 100,000 = RP. 1,200,000
3. Biaya jasa pancang 8 x Rp. 10,000 = Rp. 80,000 (System Free Fall)
4. Biaya sambungan las 1 ttk, karna 12=(6+6) = Rp. 5,000

Jadi totalnya :   Rp. 4,785,000
Harga tiang pancang akan murah kalau jumlah titiknya banyak kalo sedikit mah mahal di biaya
mobilisasinya saja

Harga2x di atas merupakan harga perkiraan saja bukan harga sekarang,
Utk harga update anda tinggal menghubungi kontraktor tiang pancangnya.heehehe
share,,,,caaaawww, :))

5 komentar:

  1. Boleh share ilmunya bos termikasih mantap

    BalasHapus
  2. Boleh share ilmunya bos termikasih mantap

    BalasHapus
  3. saya bekerja di pemancangan proyek tepatnya di Vietnam. pemancangan pake 2 pile di sambung pake las.panjang 14x2 pile total 28 mtr. masalah saya sekarang kapan pemancangan untuk yg pile kedua di mana panjang ke 19 meter selalu ada retak pada pilenya. tolong yg tau solusinya bantuannya, apakah beton kurang kuat atau cara pembuatan tidak bagus??? mohon bantuannya terimah kasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Kepada Yth,
    PERUSAHAAN DI TEMPAT
    Attn : HRD/ Finance Manager
    From : Melki Bustami
    Perihal : Penawaran Bank Garansi & Surety Bond Non Collateral.

    Dengan Hormat.
    Perkenalkan kami dari PT. GLOBAL PERSADA INDONUSA (Brokerage Insurance), Bermaksud ingin Ingin menawarkan kerjasama untuk penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Non Collateral.

    1. Jaminan Penawaran ( Bid Bond )
    2. Jaminan Pelaksanaan ( Ferpormance Bond )
    3. Jaminan Uang Muka ( Advance payment Bond )
    4. Jaminan Pemeliharaan ( maintenance Bond )
    5. Jaminan Pembayaran ( Payment Bond )
    6. Contractors All Risk
    7. Konstruksi & Rekayasa
    8. Angkutan Barang / Cargo
    9. Rangka Kapal / Marine Hull
    10. Costum Bond
    11. Energy Upstream & Downstream, Dll...
    Demikianlah surat penawaran ini saya ajukan di semua bidang perusahaan, Atas perhatian & kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
    Regards’
    Melki Bustami
    PT.GLOBAL PERSADA INDONUSA
    JL.Nangka No.20 Utan Kayu Kec.Matraman Jakarta Timur
    Telp : (021) - 2962 1873
    Fax : (021) - 2962 1878
    Contact : 0823 0673 4022 / 0816 1756 5499

    BalasHapus
  5. Kepada Yth,
    Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta
    PT, LTD, TBK
    Up : Pimpinan / Finance Manager
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan / Non Collateral

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. MEKARJATI JAYA LESTARI(Consultan Bank Gransi & Insurance) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi & Surety Bond bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral) serta polis jaminan kami antar :

    Jenis Jaminan,
    1.Jaminan Penawaran / Bid ( Tender) Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan / Performance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka/Advance.
    4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
    5.Paymen Bond (Surety Bond)

    Salam
    muktyali
    Hp. 0812 89411452
    Email: muktyali19@gmail.com
    PT.MEKARJATI JAYA LESTARI
    (Konsultan Bank Garansi & Surety Bond)
    Tlp : 021 29833066 / Fax : 021 29833067
    Pemasaran :
    Jl. H Ten N0.8 Kec.Kayu Putih Kel.Pulogadung Jakarta Timur 13210
    Area lampiran

    BalasHapus

Entri Populer

SEKILAS AKU

SEKILAS AKU

iseng-isengan

iseng-isengan
hahaha

Masih aku

Masih aku

MY DOG ^_^